Friday, May 19, 2017

[os171] Ulasan 2 - Permasalahan pada Process Synchronization

PENDAULUAN
Video : "Reader - Writer Problem : Classical Problems on Process Synchronization"
Pengunggah : HowTo
Durasi : 8:30
Tanggal Publikasi : 27 Maret 2015
Jumlah Pemirsa : 17.764

RINGKASAN
video menjelaskan tentang permasalahan klasik ketika ada dua orang yang akan melakukan writing dan reading pada file yang sama akan terjadi beberapa masalah yang terjadi. Karena dua proses (writing dan reading) tidak bisa dilakukan secara bersamaan. an akan terjadi crash. Diakhir video David memberikan ulasan bagaimana kita menanggulangi masalah diatas.
Lalu video menjelaskan tentang bagaimana solusi yang seharusnya dilakukan dengan menggunakan fungsi wait(mutex). Namun solusi ini hanya mengijinkan satu reader atau satu writer untuk mengakses satu resource yang sama. Solusi kedua adalah readers dapat mengakses secara simultan resource yang ada, sehingga ada kemungkinan readers dapat mengakses satu resource bersamaan. Video juga menjelaskan bagaimana kode program yang seharusnya ditulis untuk memberikan solusi.

PENDAPAT
video yang menarik membahas tentang bagaimana suatu file yang sedang diakses oleh lebih dari satu reader atau writer. Sehingga memberikan gambaran tentang bagaimana semaphore bekerja. Vide dilengkapi dengan kode program yang sangat mudah dipahami.

Github Account: akhdakhz03
URL ulasan di blog: http://akhdakhairul.blogspot.co.id/2017/05/os171-ulasan-2-permasalahan-pada.html
URL konten youtube:  https://www.youtube.com/watch?v=eSPFB-xF5iM
Pemetaan konten pada materi:  week06 
Tanggal Submisi Revisi Pertama: 20 Mei 2017
Tanggal Submisi Revisi Terakhir: 20 Mei 2017

No comments:

Post a Comment